Medja Makan

Sehat, Produktif dan Bahagia

Makanan Khusus LAKI!

Para laki-laki, biasanya suka mengidentikkan dirinya pada superhero tertentu. Ada yang ingin melompat dengan lentur diantara beton-beton pencakar langit yang tinggi dengan hanya mengandalkan jaring laba-laba sebagai pencengkram gedung. Yup, Spiderman atau manusia laba-laba ini memberikan imajinasi bagi laki-laki untuk menjadi superhero yang bertubuh mungil tapi bisa meliuk-liuk di dalam ‘hutan’ kota.

Atau ada juga yang ingin menjadi manusia kelelawar, bertopeng, tampan, matang, dan kaya. Meski mengandalkan teknologi yang muktahir, Batman, nama si manusia kelelawar ini juga punya otot yang kuat untuk membuat lawannya babak belur. Iya Batman, juga jago berkelahi.

Lalu ada lagi Iron Man, ini adalah kesukaan salah satu penulis Medja Makan. Idih…apa hebatnya superhero berbalut baju robot ini? “A genius billioner playboy philanthropist.” Yup, superhero yang satu ini filantropis pinter yang bisa memikat hati perempuan manapunĀ  šŸ˜†

Trus apa hubungannya superhero-superhero ini dengan hidup sehat? Jawabannya adalah, superhero sangat punya hubungan yang erat dengan makanan sehat. Karena para sutradara mempersepsikan para superhero dengan kondisi tubuh yang prima. Berotot, tubuh proporsional, cerdas, dan tampan.Ā Ini adalah definisi sederhana untuk laki-laki sehat. Nah untuk para laki-laki yang hanya berani berimajinasi menjadi superhero, sekarang waktunya menghidupi body image superhero. Buat apa?

Ngapain capek-capek menghayal kalau kita bisa mewujudkannya. Dan caranya sangat mudah, yaitu dengan cara makan. Iya MAKAN, aktivitas ini siapa yang nolak, khususnya oleh para kaum Adam. Dan sebagai superhero dikehidupan nyata, makanan yang kita pilih adalah makanan yang bisa meningkatkan kualitas hidup. Ketika kualitas hidup kita sudah optimal, maka tak akan ada kejahatan virus atau bakteri yang bisa mengalahkan kita untuk menikmati duniaĀ  šŸ˜†

Makin ngga sabaran untuk tahu makanan-makanan enak yang juga sehat untuk para laki-laki? Ini dia daftarnya, lengkap dengan manfaat bagi tubuh laki-laki:

  • Daging merah tanpa lemak

Banyak yang bilang, laki-laki itu tidak bisa dipisahkan dari makanan olahan daging. Nah bagi laki-laki pecinta daging, ahli nutrisi membolehkan kita untuk mengunyahnya. Biar daging yang dinikmati tidak membuat tubuh bekerja berlebihan, pilihlan daging merah yang tidak berlemak. Daging ini tinggi akan protein dan asam amino leucine yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot. Punya obsesi untuk punya otot seperti Captain America? Ngga perlu membuat mesin khusus dan serum-serum seperti Captain Amerika, kita hanya butuh memilih daging merah tanpa lemak. So yummy…

  • Nikmati si seksi cherry

Menurut Leslie Bonci, MPH.RD., ahli nutrisi di tim football Pittsburgh Steelers, buah merah nan seksi ini adalah rahasia para atlet football untuk terbebas dari nyeri otot. Jadi para atlet bertubuh tegap-tegap ini selalu dicekoki jus ceri saat latihan, karena buah ini memiliki bahan aktif yang bersifat anti peradangan. Bonusnya, tidak seperti obat anti nyeri otot lainnya, jus ceri dijamin tidak memberikan efek samping apapun. Jangan lupa untuk menikmati jus ceri setiap kali habis berolahraga, hitung-hitung ini adalah bonus relaksasi bagi otot setelah kita melakukan serangkaian latihan.

  • Cokelat

Jika kalian mengidentikan cokelat sebagai camilan untuk perempuan, sepertinya tulisan ini akan sedikit merubah persepsi kalian. Karena sebenarnya, cokelat juga sangat tepat untuk laki-laki. Mengapa? Jadi super powerĀ yang dimiliki cokelat adalah kemampuannya untuk menghabisi kolesterol jahat di dalam pembuluh darah sehingga aliran darah kita akan tetap lancar. Aliran darah yang lancar akan membuat aktivitas seksual kita menjadi lebih bergairah. Aliran darah yang lancar sama dengan terbebas dari disfungsi ereksi. Agar semakin bergairah setiap hari, nikmati 28 gram cokelat setiap hari, sebaiknya pilih dark chocolate karena Ā  kadar gulanya rendah. Kadar gula yang rendah akan membuat berat badan kita tetap stabil di ukuran tubuh ideal.

  • Kerang-Kerangan

Dear all seafood lover, ini alasan tambahan untuk kita semakin menggilai makanan ini. Kerang-kerangan sangat kaya akan zinc atau yang penting untuk kesehatan jantung, otot, dan sistem reproduksi laki-laki. Penelitian membuktikan kekurangan zinc akan membuat kualitas sperma menjadi sangat buruk bahkan bisa berujung pada infertilitas. Lalu bagaimana yang tidak suka seafood? Tenang, kandungan zinc yang tinggi juga ada di daging, ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Alpukat

Jika Anda termasuk yang takut menikmati alpukat karena katanya tinggi lemak, Medja Makan akan memberikan fakta sesungguhnya. Memang benar alpukat kaya akan lemak tapi lemak yang ada di dalamnya adalah lemak tak jenuh tunggal. Bahasa awamnya, lemak ini adalah lemak baik. Tak hanya itu, lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fat juga bermanfaat untuk membantu sel-sel tubuh menekan kadar lemak jahat dalam tubuh. Setiap harinya, kita disarankan untuk mengonsumsi lemak sebanyak 25%-35% dari total kalori. Jika semua porsi lemak itu didapat dari lemak baik seperti yang ada di dalam alpukat maka tubuh tidak hanya terbebas dari tumpukan lemak tapi juga serangan jantung. Selain alpukat, minyak zaitun juga contoh minyak dengan kandungan lemak yang baik. Alpukat dan minyak zaitun tetap akan memberikan rasa gurih pada menu masakan kita. Jadi siapa bilang kita tidak boleh menikmati lemak? Pilih lemak sehat ya. Ā 

  • Ikan berlemak

Ikan salmon, ikan sarden, atau ikan tongkol adalah jenis ikan berlemak sehat. Mereka yang mengonsumsi 2 porsi ikan ini dalam seminggu akan menekan terjadinya risiko kematian karena serangan jantung. Omega-3 adalah lemak yang disukai oleh pembuluh darah dan jantung, jadi ketika kita mengonsumsi ikan salmon, sarden, atau tongkol kita sudah merawat jantung dengan makanan sehat. Tak hanya jantung, radang sendi seperti arthritis pun bisa ditekan dengan konsumsi ikan berlemak Omega-3.

  • JaheĀ 

Kelebihan rempah-rempah ini adalah kandungan anti radangnya yang tinggi. Penelitian menyimpulkan, konsumsi jahe secara rutin dapat menekan terjadinya cedera otot ketika berolahraga.

  • Susu dan Yogurt

Bonci menjelaskan, susu dan yogurt adalah sumber leucine yang diperlukan tubuh untuk membentuk otot. Makanan ini sangat tepat untuk laki-laki yang sedang dalam proses pembentukan otot tubuh. Kandungan protein yang tinggi juga membuat kita bisa kenyang lebih lama. Bonusnya, kandungan bakteri baik yang ada di dalam yogurt akan membuat saluran pencernaan kita sehat. Dan saluran pencernaan yang sehat akan membebaskan kita dari berbagai penyakit karena pasukan bakteri baik akan lebih kuat untuk menghalau berbagai sumber penyakit.

  • PisangĀ 

Ini adalah buah yang akan membuat tubuh puas dengan asupan potasium. Bagi laki-laki, potasium adalah zat penting untuk membuat otot berkontraksi dengan baik, plus menyehatkan tulang. Khusus bagi kita yang sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, potasium bisa membantu tubuh untuk mengembalikan tekanan darah pada kondisi normal.

  • Saus tomatĀ 

Yup…ini adalah kabar gembira untuk para penyuka saus tomat. Di dalam tomat terdapat likopen, ini adalah antioksidan yang akan menyelamatkan tubuh dari berbagai risiko kanker. Penelitian bahkan menyebutkan, laki-laki yang mengonsumsi saus tomat secara regular, peluangnya sangat kecil untuk terkena kanker prostat. “Penelitian ini masih dikaji lebih dalam, tapi tak ada salahnya untuk mencoba karena antikosidannya cukup tinggi,” ucap Bonci. Jadi untuk mengoptimalkan asupan antioksidan dalam tubuh, jangan lupa menambahkan saus tomat ketika menikmati pasta.

  • Kedelai

Ini adalah salah satu makanan yang diamini lebih dari 40 negara sebagai super food. Olahan kedelai seperti tahu, miso, atau susu kedelai bisa dinikmati untuk menyelamatkan kita dari kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi asupan kedelai yang 90 kali lebih tinggi di negara-negara Asia ternyata membuat laki-laki yang tinggal di kawasan ini jarang terkena kanker prostat dibanding laki-laki yang tinggal di Amerika.

  • Sayuran oranye

Contoh dari sayuran oranye adalah paprika, wortel, labu, dan kentang manis. Di dalamnya terdapat beta karoten, lutein, dan vitamin C. Nutrisi-nutrisi ini akan membuat pasokan antiksidan dalam tubuh kita menjadi ‘pasukan’ terkuat untuk melawan kanker prostat.Ā 

  • Kentang panggang

Kentang panggang adalah makanan enak yang akan menyehatkan jantung. Makanan yang mudah dibuat ini juga kaya akan antioksidan, khususnya vitamin C. Menurut Priska Siagian, penulis Keajaiban Antioksidan, antioksidan adalah ‘pasukan’ untuk melawan radikal bebas, baik yang ada di dalam tubuh maupun yang ada di luar tubuh. Priska menulis, jika tabungan antioksidan kita memiliki saldo yang tinggi, maka berbagai racun atau radikal bebas tidak punya peluang untuk merusak sel-sel tubuh. Selain kentang, makanan lain yang juga kaya antioksidan dan vitamin C adalah paprika hijau, kiwi, dan jeruk.

  • TelurĀ 

Ketika kita menikmati telur, itu sama artinya kita telah memberikan tubuh kebutuhannya akan lutein, protein, dan zat besi. Tapi semua nutrisi ini akan dinikmati tubuh secara utuh jika kita mengonsumsi putih dan kuning telur. Bukankah kuning telur tinggi kolesterol? “Memang benar, tapi kandungan protein di dalam telur juga tinggi,” Bonci menjawab seraya menyarankan agar kita mengurangi kadar kolesterol dari makanan manis dan berlemak, sehingga ketika mengonsumsi kuning telur, kadar kolesterol dalam darah tidak berlebihan. Khusus bagi Anda yang memang kadar kolesterolnya sudah tinggi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter berapa banyak porsi telur yang aman untuk dinikmati.

Nah melihat daftar makanan di atas, bisa memotivasi kita untuk menjadi the real super hero yang sehat, produktif, dan bahagia. Persis seperti taglineĀ Medja MakanĀ  šŸ˜€

 

foto dari sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *