Medja Makan

Sehat, Produktif dan Bahagia

Makan Dahulu Rambut Kemilau Kemudian

makan rambut berkilau

 

Punya rambut panjang atau pendek sebenarnya tetap perlu perawatan. Polusi yang semakin menjadi membuat rambut dan kulit kita lebih sering terpapar zat-zat perusak. Khusus untuk rambut, selain polusi udara, sinar matahari yang semakin terik juga ikut memicu beragam masalah rambut. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kemilau ‘mahkota’ ini?

Sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, apa yang kita makan akan sangat memengaruhi kinerja sel-sel tubuh. Iya tubuh kita menjadi lebih sehat atau tidak adalah tergantung dari seberapa bersahabat makanan yang kita kunyah. Di rambut, makanan yang bersahabat dengan tubuh akan membantu sel-sel rambut menguatkan setiap folikel atau akar rambut. Tidak hanya itu, makanan yang bersahabat dengan tubuh juga akan menyehatkan kulit kepala sehingga akar-akar rambut punya tempat yang sangat nyaman untuk tumbuh kuat.

Lalu makanan bersahabat seperti apa yang tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga menyehatkan kulit kepala dan rambut? Tenang, makanan-makanan bersahabat itu adalah makanan yang enak kok. Adalah buku The Beauty Diet yang ditulis oleh Lisa Drayer, MA, RD., yang membantu Medja Makan untuk menemukan makanan lezat yang dapat mengilaukan rambut, berikut adalah ‘menu’ lengkapnya:

  1. Salmon : Buat pecinta lemak, cobalah untuk lebih mengakrabkan diri dengan Salmon. Kenapa salmon, ikan yang satu ini adalah ikan berlemak tapi sangat sehat. Mengapa? Lemak yang ada di salmon adalah Omega-3, ini adalah lemak yang dapat membuat rambut kita tumbuh lebih sehat. Bukan hanya menumbuhkan rambut, Omega-3 juga menguatkan batang rambut. Percaya atau tidak 3 persen pembentuk batang rambut adalah berasal dari asam lemak tak jenuh seperti Omega-3. Dan minyak Omega-3 juga membuat kulit kepala tetap terhidrasi alias tidak kering yang dapat memicu terjadinya ketombe. Bonusnya, ikan salmon juga kaya akan protein dan vitamin D. Selain salmon, Drayer juga memberitahu kita bahwa lemak tak jenuh yang disukai oleh sel-sel rambut juga ada di alpukat, kacang kenari, dan ikan sarden atau makarel. 
  2. Kacang kenari: Berhubung di poin 1 sudah disebutkan mengenai kacang kenari, rasanya nanggung kalau Medja Makan tidak memasukkannya sebagai pilihan makanan yang disukai sel-sel rambut. Selain kaya akan Omega-3, kacang kenari juga punya banyak biotin dan vitamin E. Keduanya adalah rahasia kimiawi alami untuk melindungi DNA dari kerusakan. Sel-sel DNA yang ada di rambut penting untuk dilindungi karena ‘mahkota’ kita ini paling sering terkena sinar matahari. Maka DNA-nya harus diproteksi agar aman dari ‘serangan’ sinar ultraviolet yang merusak.Khususnya di negara tropis seperti Indonesia, ‘siraman’ sinar matahari yang berlimpah bisa menjadi risiko pada saat kita beraktivitas di luar ruangan di atas jam 9 pagi. Di saat itu, sinar ultraviolet yang ada bisa menelusup masuk ke dalam sel-sel rambut dan merusaknya. Drayer menjelaskan yang dilakukan biotin tidak hanya melindungi DNA rambut tapi juga menyelamatkan kita dari kebotakan, karena biotin menguatkan akar rambut. Bonusnya, kacang kenari juga mengandung tembaga. Ini adalah mineral yang akan menjamin warna rambut kit tetap berkilau alami.
  3. Unggas : Nah, ini akan menjadi kabar gembira bagi pecinta ayam atau hewan unggas. Karena kandungan terbanyak pada ayam atau unggas adalah protein, maka menjadi kategori makanan kesukaan rambut. Mengapa? Drayer menjelaskan sumber makanan yang kaya akan protein adalah ‘perisai’ bagi setiap helaian rambut kita.  Tapi pastikan cara kita mengolah unggas tidak digoreng ya, karena teknik memasak ini hanya akan membuat sel-sel rambut berhadapan dengan lemak jenuh yang dapat merusak strukturnya. 
  4. Tiram : Makanan yang sering ada di restoran sea food ini, kekuatannya adalah ada pada kandungan zinc yang tinggi. Jika ingin tahu ciri-ciri tubuh yang kekurangan zinc adalah rambut rontok, bahkan alis dan bulu mata kita akan mudah sekali rontok. Tak hanya itu, di kepala, kekurangan zinc juga akan membuat kulit kepala kita sangat kering hingga mudah terkelupas. Sebenarnya kita bisa juga menikmati zinc dari sereal yang difortifikasi atau roti gandum, tapi kelebihan tiram adalah sel-sel tubuh akan mendapatkan pasokan protein lebih banyak. Drayer menyebutkan 97 % struktur rambut adalah terdiri dari protein, jadi ketika tubuh kekurangan protein maka sel-sel rambut akan lama sekali mengganti rambut-rambut yang rontok secara alami. 
  5. Telur : Bebicara tentang protein pastilah kita merujuk pada telur, sebab ini adalah makanan dengan sumber protein yang tinggi. Tapi untuk rambut yang dikejar bukan hanya proteinnya, telur juga mengandung zat besi. Fungsi mineral ini, Drayer menjelaskan, adalah untuk membawa oksigen hingga ke akar rambut. Jika tubuh kekurangan zat besi atau jamak disebut sebagai anemia, maka rambutnya akan mudah sekali rontok karena tidak ada mineral yang membawa ‘makanan’ ke sel-sel rambut. 
  6. Bayam : Bukan hanya Si Langsing Olive yang terpesona ketika Popeye menjadi lebih kuat ketika mengunyah bayam, tapi sel-sel rambut kita juga akan kegirangan ketika bertemu dengan zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C yang ada di dalam bayam. Semuanya akan membuat akar rambut tetap sehat, plus memastikan sirkulasi minyak yang ada di kulit kepala tetap terjaga dengan baik sehingga kulit kepala tetap memberi kenyamanan bagi helai-helai rambut untuk tumbuh. Selain bayam, Drayer juga menyarankan kita untuk menikmati brokoli untuk khasiat yang sama. 

Lalu untuk menyempurnakan kemilau rambut yang terbentuk dari dalam, kita juga harus mengerti apa yang harus dilakukan untuk merawat rambut dari luar. Dan produk perawatan rambut yang paling sering digunakan adalah sampo. Karena sampo dapat menjaga kekuatan dan kemilau rambut dari luar. Alhasil Nick Arrojo, penulis buku Great Hair: Secrets to Looking Fabulous and Feeling Beautiful Every Day, seperti dilansir dari Webmd.com, mengingatkan kita agar memilih sampo sesuai dengan kondisi rambut. “Tujuannya sederhana, untuk memberikan rambut manfaat dan perlindungan yang memang dibutuhkan.”

Berdasarkan jenisnya, rambut juga memiliki kebutuhan yang dapat menyempurnakan tampilannya. Maka Arrojo pun melengkapi kita dengan rumus ini:

Untuk rambut normal : Cobalah pilih sampo yang dapat menambah volume rambut. Ini akan membuat rambut normal kita terlihat lebih ‘padat’ dan indah.

Untuk rambut keriting : Masalah yang sering dihadapi pemilih rambut keriting atau bergelombang adalah rambut kering. Ini membuat rambut keriting seolah susah diatur. Pilihlah sampo untuk rambut kering atau sampo perawatan, agar kelembapan kulit kepala tetap terjaga.

Untuk rambut kering : Sampo dengan moisturiser adalah rahasia untuk mengembalikan keindahan rambut. Arrojo bahkan memberikan tips untuk memerhatikan minyak yang digunakan untuk melembapkan kulit kepala pemilik rambut kering. Menurut Arrojo minyak kelapa, minyak alpukat, argan oil atau minyak dari biji anggur adalah minyak-minyak akan dengan mudah terserap ke dalam kulit kepala dan menyelamatkan kulit kepala dari kekeringan.

Untuk rambut berminyak : Struktur DNA sel rambut yang kaya akan minyak harus dilengkapi dengan sampo yang tidak dilengkapi dengan moisturiser atau conditioner. Mengapa? Karena ini justru akan membuat kulit kepala semakin berminyak dan menjauhkan rambut dari kesan indah. Dan jika rambut berminyak diikuti dengan masalah ketombe, pilihlah sampo dengan ramuan anti-dandruff. Pastikan di dalamnya terdapat ketoconazole, zinc pyritihione, atau selenium sulfida. Ini akan membuat produksi minyak yang berlebih tidak akan membuat kulit kepala seperti ‘beragi’ alias berketombe.

Untuk rambut diwarnai : Pilihlah sampo yang dapat ‘mengunci’ warna yang Anda telah pilih untuk mengoptimalkan penampilan. Bagi Arrojo, ‘mengunci’ warna penting dilakukan tak hanya karena itu dapat mempertahankan penampilan Anda yang berbeda, tapi juga dapat membuat batang rambut lebih kuat.

Dan ketika semua rumus sederhana ini sudah dilakukan, rasanya kita dapat lebih percaya diri seperti bintang iklan sampo di televisi. Karena rambut indah dan sehat adalah hak semua orang. Rumusnya cukup sederhana nikmati makanan yang disukai oleh sel-sel rambut dan bersihkan dengan sampo yang sesuai dengan karakter rambut. Sebab bukan hanya kita yang ingin dimengerti, tapi rambut juga punya kebutuhan yang sama. Selamat tampil cantik dengan rambut sehat berkilau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *