Medja Makan

Sehat, Produktif dan Bahagia

Menu Sukses Berbisnis Kuliner

101 Strategi Sukses Berbisnis Kuliner oleh Qalbinur Nawawi

101 Strategi Sukses Berbisnis Kuliner oleh Qalbinur Nawawi

Sewaktu melihat buku 101 Strategi Sukses Berbisnis Kuliner, Medja Makan langsung tergiur untuk membacanya. Kenapa? Desain sampul bukunya itu loh eye catching banget.

Sampul yang menarik kemudian mendatangkan rasa penasaran. Ibarat rainbow puding in jar, tampilan yang menggiurkan membuat kita ngga sabaran mau tahu apa aja rasa yang ditawarkan dari setiap lapisan warnanya. Alhasil Medja Makan pun mengunyah buku yang ditulis apik oleh Qalbinur Nawawi secara perlahan-lahan, untuk menikmati setiap lapisan strategi sukses bisnis kuliner yang ditawarkan.

Ternyata Qalbinur cukup cerdas menyajikan tulisannya. Bahasanya sangat sederhana dan gaya tulisannya membuat kita seperti mendengarkan si penulisnya dengan murah hati membagikan hasil pengamatannya menemukan kreativitas dari berbagai pengusaha kuliner. Iya bisnis kuliner sekarang masuk dalam bisnis kreatif. Jadi perlu keunikan dan inovasi dalam mengemas makanan menjadi bisnis kuliner.

Qalbinur memandu pembacanya dengan sangat sistematis. Mulai dari meramu personal vision, mengemas produk, branding, marketing, sampai memberikan seasoning berupa menjalani interaksi dengan pembeli potensial di media sosial  dan menciptakan fanbase serta personal branding juga dikupas menarik oleh Qalbinur. Ternyata semua strategi sukses itu didapat Qalbinur dari pengalamannya sebagai wartawan gaya hidup yang suka meliput tentang tempat-tempat makan dan kebetulan pecinta makanan juga. Enak bener kerjaannya ya.

Sepertinya modal meliput dan suka makan itu membuat Qalbinur bisa punya keunikan sendiri dalam membuat buku tentang bisnis kuliner. Ia jadi mengerti bagaimana menemukan kekuatan dari satu brand dan mengeksplorasinya menjadi panduan praktis untuk mereka yang baru mau memulai bisnis kuliner.

Bahkan di beberapa bab, Qalbinur membuat semacam Idea Box dengan serangkaian pertanyaan yang membantu pembaca untuk merumuskan personal vision dan concept store. Jadi pembaca yang kepengen jadi pengusaha kreatif dibidang kuliner bisa mengartikulasikan ambisinya dalam konsep yang lebih jelas dan bertahan lama.

Dan ngomong-ngomong bisnis yang bisa bertahan lama, media sosial jadi satu “lahan” baru yang harus dikuasai pelaku usaha. Karena itu penulis memodali pembacanya dengan strategi marketing online, mulai dari main hastag, kontes foto, unggah video, mengundang food blogger, sampai email marketing melalui newsletter. Aplikatif banget kan untuk situasi sekarang yang serba kekinian.

Tapi apa buku ini cuman buat mereka yang mau bisnis kuliner? Menurut Medja Makan sih ngga ya. Karena Medja Makan sendiri setelah baca buku ini, kalau pergi ke tempat kongkow atau kuliner baru langsung “sok-sok” menganalisa apa yang bisa dilakukan untuk membuatnya jadi lebih kekinian hihihi. Iya buku ini segitu jelinya melatih kita melihat peluang.

Semakin penasaran kan sama buku yang diterbitin Metagraf ini. Udah langsung cari aja di toko buku ya dan selamat menjadi pengusaha kuliner  🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *