Medja Makan

Sehat, Produktif dan Bahagia

Cara Enak Makan Buah dan Sayur

vegie fruit_2

Siapa diantara penikmat Medja Makan yang suka banget sama buah dan sayur? Saya termasuk yang beruntung karena sejak kecil dibiasakan buah dan sayur setiap hari. Akhirnya sampai segede ini, yang dimakan pertama kali sebelum sarapan komplit adalah sayur dan segelas jus sebelum tidur.

Soal sarapan komplit, dulu waktu masih piyik, mama selalu menyediakan makanan berat sebagai menu sarapan. Ada nasi, lauk, dan sayur. Iya kata Mama, nggak boleh keluar rumah kalau belum sarapan dengan menu sekomplit itu. Hebat memang si Mama, bangun harus super pagi biar semua ready.

Nah setelah sebesar ini, saya sedikit memodifikasi kebiasaan menu sarapan komplit itu. Yaitu dengan makan semangkuk sayur dulu, baru 30 menit kemudian makan nasi pakai lauk. Kenapa? Karena sering sekali dengar di acara diskusi kesehatan, kalau makan sayur sebelum menikmati makanan komplit bisa menahan diri untuk tidak menyendok nasi berlebihan. Harapannya perut bisa selalu rata dengan trik ini hihihi.

Makan sayur dan buah bisa dibilang sangat mudah dilakukan kalau di rumah, apalagi kalau di rumah Mama. Karena beliau sadar betul akan pentingnya konsumsi buah dan sayur buat tubuh. Si Mama kalau just buah, seringnya mengombinasikan dua buah sekaligus dan tanpa gula. Jadi saya lebih terbiasa minum jus buah yang rasa manisnya alami didapat dari buahnya. Makanya setiap kali beli jus buah di luar dan dapat yang manisnya lebay, langsung geli sendiri dan butuh perjuangan buat ngabisinnya karena kemanisan.

Kalau diamati memang belakangan minuman sehat seperti jus buah dan sayur mudah untuk di pusat perbelanjaan kota-kota besar. Tapi menurut Sakri Sab’atmaja, SKM, MSi, Kepala Subdit, Advokasi Kementerian Kesehatan RI, konsumsi buah dan sayur masih terbilang minim sekali. Riset Kesehatan Dasar pada 2013 menyebutkan hanya 5 persen orang Indonesia yang rutin makan buah dan sayur setiap hari. “Kalau ada sayur dan buah baru dikonsumsi, tapi kalau tidak ada ya tidak dicari,” tegas Sakri pada acara diskusi yang digelar PT Kalbe Farma, Tbk, pada 6 Mei lalu.

Kurangnya konsumsi buah dan sayur disebut Sakri menjadi salah satu penyebab mengapa penyebab kematian tertinggi adalah karena penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, dan stroke. “Dulu, sekitar 10 tahun yang lalu, penyebab kematian tertinggi karena penyakit menular, sekarang ada pergeseran yang selain karena masyarakat kita semakin malas berolahraga ditambah pola makan buah dan sayur yang kurang. Alhasil lebih banyak penyakit tidak menular akibat gaya hidup tidak sehat yang membuat orang-orang Indonesia banyak sakit bahkan sampai meninggal,” jelas Sakri dengan mendetail.

Memang bagaimana buah dan sayur dapat mendukung status kesehatan kita? dr. Rida Noor, spesialis gizi klinik dari RSCM menjelaskan kalau buah dan sayur itu adalah sumber vitamin yang amat diperlukan tubuh. “Karena tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin sendiri maka asupan buah dan sayur menjadi sangat penting bagi tubuh.”

Dari kiri ke kanan: Arwin Hutasoit Group Brand Manager Kalbe Beverage, Adelia Pramasita Brand Manager Juice Kategory Kalbe , dr. Rida Noor Sp. GK dan  Sakri Sab’atmaja, SKM, Msi., Kepala Subdit, Advokasi Kemitraan Kementerian Kesehatan RI

Dari kiri ke kanan: Arwin Hutasoit Group Brand Manager Kalbe Beverage, Adelia Pramasita Brand Manager Juice Kategory Kalbe , dr. Rida Noor Sp. GK dan Sakri Sab’atmaja, SKM, Msi., Kepala Subdit, Advokasi Kemitraan Kementerian Kesehatan RI

Di diskusi yang bertajuk “Ibu Cerdas, Pastikan Asupan Serat untuk Keluarga” ini, Rida kemudian menggambarkan apa yang terjadi pada tubuh kita saat buah dan sayur dikonsumsi. Begitu kita mengunyah buah dan sayur di mulut, ini sudah menjadi tanda bagi otak untuk memerintahkan usus mengeluarkan enzim-enzim pencernaan. Begitu sampai di usus, enzim-enzim pencernaan akan membantu tubuh menyerap segala manfaat vitamin dan mineral dari buah dan sayur. “Tak hanya itu, buah dan sayur yang kaya serat ini juga akan membantu mengikat kolesterol dan zat yang diinginkan tubuh untuk dikeluarkan bersama ampas makanan.”

Tapi khasiat buah dan sayur tidak berhenti sampai di sana. Selain bisa membuat perut lebih rata karena kolesterolnya diikat habis-habisan oleh serat, vitamin serta mineral yang ada dalam buah dan sayur juga bisa membuat kulit kita semakin sehat. “Vitamin A dan C misalnya, keduanya berfungsi untuk menstimulasi produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit.”

Ujung-ujungnya kita bisa tampil semakin cantik! Tubuh sehat dengan bonus perut rata dan kulit tidak cepat keriput, hanya dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup, siapa yang nggak mau coba? Semakin semangat dong untuk rajin makan buah dan sayur minimal 5 porsi sehari.

Buat saya kebiasaan serta kesadaran makan buah dan sayur sudah terbentuk dengan baik, tapi kendala muncul ketika pergi liburan. Saat liburan sebagian besar dari kita jarang pasti memasukkan buah apalagi sayur dalam barang yang wajib dibawa. Selain karena ribet bawanya, buah dan sayur juga cenderung tidak tahan lama.

Padahal liburan adalah masa-masa paling merdeka untuk makan apa saja alias berburu kuliner khas dari tempat yang kita kunjungi. Apalagi nanti saat penikmat Medja Makan mudik lebaran, makanan-makanan bersantan dan berlemak itu kan hanya keluar saat hari raya saja, masa iya nggak dinikmatin sama sekali?

vegie fruitKemarin-kemairn sih saya belum punya solusi sama sekali biar asupan buah dan sayur tetap maksimal meski lagi liburan. Tapi pas datang ke diskusi Kalbe Farma ini, saya jadi punya ide sehat yang adalah minuman buah dan sayur enak. Iya ternyata ada kok cara #enaktapisehat ketika menghabiskan liburan yaitu dengan memasukkan Vegie Fruit Premium dalam koper atau tas ransel.

Saat ini baru ada satu rasa dari #vegiefruitpremium yaitu Carrot Squeeze. Adelia Pramasita, Brand Manager Juice Kategory PT. Kalbe Farma, Tbk, menjelaskan varian rasa ini adalah gabungan dari sari sayur wortel dan sari buah jeruk serta nanas.

Wortel dijadiin minuman sehat, apa rasanya nggak “ajaib”? Ternyata rasanya segar banget dan rasa langu yang khas dari wortelnya nggak kerasa sama sekali. Uniknya lagi varian Carrot Squeeze ini adalah hasil dari riset langsung ke para penjual jus di pusat perbelanjaan. “Ternyata kombinasi wortel dengan jeruk itu paling banyak disukai oleh pembeli jus di mall-mall dan kami tambahkan nanas untuk membuat rasanya semakin segar,” jelas Adelia.

Bukan hanya jago mengambil sari buah dan sayur, kelebihan Vegie Fruit Premium adalah tanpa bahan pengawet, tanpa pemanis buatan, dan tanpa pewarna buatan. Jadi seluruh rasa dan kesegarannya bersumber dari sari buah serta sayur asli. Tapi apa mungkin minuman kemasan tanpa bahan pengawet? Lagi-lagi Adelia menjawab kekuatiran para mama-mama blogger yang hadir di diskusi hari itu. “Teknologi UHT yang digunakan menjamin sari buah dan sayur tetap segar dan tahan lama.”

Berhubung saya mau banget membawa minuman sehat ini saat liburan, maka bertanyalah saya kepada Adelia tentang cara penyimpanannya. “Selama botol Vegie Fruit Premium masih tersegel baik maka tetap aman untuk dikonsumsi. Tapi kalau sudah dibuka kemasannya, sebaiknya untuk segera dihabiskan. Karena kita sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet jadi kalau lebih dari sehari setelah segel terbuka baru dihabiskan, takutnya akan ada perubahan kualitas rasa dari sari buah dan sayur yang ada di dalamnya.”

Dari tadi disebutkan kalau Vegie Fruit Premium ini adalah minuman sari buah dan sayur, memang apa bedanya dengan minuman lain yang juga menggunakan bahan yang sama? Jadi menurut Adelia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ada 4 kategori minuman, yaitu : Minuman rasa buah yang hanya memasukkan rasa buah ke dalam minumannya. Lalu ada juga minuman buah yang hanya menggunakan 50 persen buah. Berbeda dengan minuman buah, minuman sari buah menggunakan 80 persen buah sebagai bahan utama dengan ditambah air. Dan terakhir, adalah minuman buah asli yang bahannya 100 persen buah asli tanpa tambahan bahan air bahkan air.

Bagaimana mencirikan keempat minuman tersebut? “Biasanya akan tertulis di kemasannya apakah minuman itu sari buah atau rasa buah saja.” Kalau begitu berapa harga yang dibandrol Kalbe untuk Vegie Fruit Premium ini? Adelia menyebutkan harganya berkisar Rp 8.000 – 9.000. “Vegie Fruit Premium terbilang sangat terjangkau dibanding produk minuman kategori sari buah lainnya.”

Wah semakin semangat untuk bawa Vegie Fruit Premium ke mana-mana apalagi pas liburan kan? Karena dalam liburan yang seru perlu tubuh yang fit, segar dan kulit selalu kinclong karena itu asupan buah dan sayurnya kudu maksimal. Tapi tenang Vegie Fruit Premium bisa jadi cara enak tapi sehat untuk mewujudkan itu semua. Selamat persiapan mudik dan liburan penikmat Medja Makan, salam #enaktapisehat #itsdeleasyousveggie

vegie fruit premium

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *